12 Prinsip
Animasi
1. Anticipation :ada bagian
aksi sebelum sesuatu terjadi. Anticipation dianggap sebagai suatu persiapan
yang dilakukan atau awalan sebuah gerakan. Contohnya ancang-ancang ingin
berlari dan bergerak berlawanan dengan arah yang akan dituju.
2. Squash and steetch : merupakan salah satu prinsip yang paling penting,
karena upaya penambahan efek lentur pada objek atau karakter sehingga dapat membuat
animasi menjadi lebih hidup.
3. Stagging : berhubungan dengan pembuatan animasi, termasuk sudut
pengambilan gambar, panjang scene dan framming.
4. Straight-ahead action and Pose to Pose : bermula dari satu titik dan berakhir dititik lain
dalam satu gerakan yang berkelanjutan, contoh saat berlari. Diperlukan satu per
satu framenya, frame by frame.
5. Follow Through and Overlapping Action : prinsip follow through berlawanan dengan anticiption.
6. Slow in- Slow Out : prinsip ini menggunakan gambar yang lebih banyak pada awalan dan
akhiran dan sedikit gambar dipertengahan dari suatu aksi. Contoh pergerakan
bola yang menggelinding lama – lama jadi pelan sampai berhenti.
7. Arcs : untuk menggambarkan gerakan yang alami. Sistem pergerakannya
mengikuti gerakan tubuh manusia, binatang atau makhluk hidup lainnya, yang
bergerak mengikuti pola atau lintasan yang disebut arcs.
8. Secondary Action : merupakan aksi lain yang mengambil tempat yang waktunya bersamaan
dengan aksi utama, contohnya seperti kepala yang menoleh ketika sedang
berjalan.
9. Timing : penentuan waktu, kapan sebuah gerakan harus
dilakukan. Seperti menentukan pada detik keberapa sebuah mobil melucur kemudian
menabrak mobil.
10. Exaggeration :
berhubungan dengan prinsip anticipation dan stagging, tujuannya untuk
mendapatkan perhatian penonton pada suatu aksi tertentu. Anticipation akan memulai
aksi, stagging memastikan bahwa aksi dapat terlihat dengan baik dan
exaggeration berupaya mendramatisir sebuah animasi dalam bentuk melebih-lebihkan
sesuatu atau hiperbola.
11. Solid Drawing :
prinsip ini menyampaikan sebuah suasana atau obyek terlihat seperti mempunyai
dimensi, melalui penggamabaran garis, warna atau bayangan solid.
12. Appeal : prinsip ini memberikan kepribadian kepada karakter
yang dibuat.
Pada
animasi Tom and Jerry di atas terdapat prinsip animasi diantaranya :
1. Anticipation : pada animasi tom
and jerry diatas anticipation terdapat pada menit ke 00:47 dimana seekor tikus
yang bernama jerry melakukan sebuah ancang-ancang sebelum berlari.
2. Squash and steetch : pada menit ke
00:51 jerry seekor tikus melakukan sebuah pergerakan yang lentur sehingga
membuat animasi terlihat lebih hidup atau nyata.
3. Stagging : sudut pengambilan
gambar pada menit ke 00:53 sangatlah tepat karena pada saat jerry dan
saudaranya sedang merencanakan sesuatu disinilah pengambilan gambarnya yang
sangat baik terlihat seolah-olah kita ada di tempat kejadiannya. Scene dan
framingnya juga sangat baik.
4. Straight-ahead action and Pose to
Pose : berawalan dari titik satu ketitik lainnya, terlihat di menit ke 00:19
sampai 00:20 dimana terdapat langkah sebelum melompat dan setelah melompat. Ini
adalah suatu gerakan berkelanjutan.
5. Follow Through and Overlapping
Action : karena ini adalah kebalikan dari prinsip anticipation berarti suatu
aksi setelah sesuatu terjadi, dimana pada menit ke 00:23 terlihat suatua aksi
berlari setelah melakukan aski melompat.
6. Slow in- Slow Out : pada menit ke
00:32 terlihat sebuah awalan sebelum meluncur, pada menit ini gambar lebih
difokuskan dan lebih diperlambatkan, sedangkan saat tikus itu meluncur gambar
tidak difokuskan alias gambar dipercepat pergerakannya, namun pada saat tikus
itu selesai meluncur gambar kembali diperlambat atau di fokuskan, ini terlihat
pada menit ke 00:34.
7. Arcs : ini adalah sebuah gerakan
alami yang sering dilakukan oleh manusia atau hewan yaitu pada saat tom atau si
kucing menguap karena terakntuk pada menit ke 01:07.
8. Secondary Action : pada menit ke
00:22 disini terlihat tikus menganggukan kepalanya smbil menggerakan tangannya
untuk mendayung. Disini terlihat 2 gerakan pada waktu bersamaan.
9. Timing : penempatan waktu yang tepat
pada suatu gerakan atau kejadian, bisa terlihat pada menit ke 00:33 dimana pada
tikus menjatuhkan dirinya setelah meluncur.
10. Exaggeration : gerakan hiperbola
yang bertujuan untuk mendapatkan perhatian para penonton terlihat pada menit ke
01:16 dimana seekor tikus kecil yang memakan langsung keju batangan yang sangat
besar, bahkan lebih besar dari ukuran badannya, ini adalah sebuah hiperbola.
11. Solid Drawing : pada menit ke 01:16
juga terdapat prinsip solid drawing yaitu terdapat sebuah bayangan tembok yang
seolah-olah nyata bahwa pada menit 01:16 sedang sungguhan berada di balik
tembok.
12. Appeal : pada animasi tom and jerry
ini sudah dibagi dengan beberapa kepribadian pada karakter-karakter yang
dibuat, seperti Tom seekor tikus yang diberi kepribadian jahat, pemalas, bodoh
dan licik, sedangkan Jerry seekor tikus yang diberi kepribadian baik, rajin,
dan cerdik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar