Alasan penerapan service management menurut ITIL
adalah untuk mengarahkan organisasi IT
service provider, yaitu “untuk mencapai efisiensi dan efektivitas IT sembari
meningkatkan kualitas service terhadap bisnis sesuai biaya yang
disediakan”. Rob Addy menekankan bahwa
manajemen suatu service harus berfokus pada tiga pertanyaan yaitu, apa yang
perlu kita lakukan sekarang, apa
yang perlu kita lakukan bila terjadi kesalahan, dan bagaimana agar segalanya dapat berjalan lancar untuk seterusnya. Pertanyaan tersebut memerlukan jawaban yang melibatkan manusia, proses, dan aset dalam lingkaran siklus yang terus menerus dalam rangka menuju perbaikan ataupun penyesuaian terhadap perubahan-perubahan.
yang perlu kita lakukan bila terjadi kesalahan, dan bagaimana agar segalanya dapat berjalan lancar untuk seterusnya. Pertanyaan tersebut memerlukan jawaban yang melibatkan manusia, proses, dan aset dalam lingkaran siklus yang terus menerus dalam rangka menuju perbaikan ataupun penyesuaian terhadap perubahan-perubahan.
IT Infrastructure Library
(ITIL)
ITIL dikembangkan oleh The Office of Government Commerce (OGC) suata badan
dibawah pemerintah Inggris, dengan
bekerja sama dengan The IT Service
Management Forum (itSMF) dan British
Standard Institute (BSI). ITIL merupakan suatu framework pengelolaan layanan TI (IT
Service Management – ITSM) yang sudah
diadopsi sebagai standar industri
pengembangan industri perangkat lunak di
dunia.
ITSM memfokuskan diri pada 3 (tiga) tujuan
utama, yaitu:
1.
Menyelaraskan layanan TI dengan kebutuhan
sekarang dan akan datang dari bisnis dan
pelanggannya.
2.
Memperbaiki kualitas layanan-layanan TI.
3.
Mengurangi biaya jangka panjang dari penge- lolaan layanan-layanan
tersebut.
Standar ITIL berfokus kepada pelayanan customer, dan
sama sekali tidak menyertakan proses
penyelarasan strategi perusahaan terhadap strategi TI yang dikembangkan.
IT infrastructure Library
(ITIL) merupakan dokumentasi best practice ITSM yang komprehensif dan konsisten. ITIL merupakan
kerangka kerja yang sangat luas yang
menggambarkan keseluruhan ITSM dalam beberapa modul. dibelakang
pengembangan ITIL adalah kesadaran bahwa
organisasi pada umumnya, dan service provider pada khususnya, sangat bergantung pada TI dalam memenuhi
tujuan organisasi dan kebutuhan bisnis customer
mereka. Pertumbuhan ketergantungan ini menyebabkan peningkatan
permintaan/ kebutuhan akan service TI
yang berkualitas tinggi.
http://irarochimah.blogspot.co.id/2016/04/tugas-review-jurnal-itsm.html
https://khusnulkhotimah94.wordpress.com/2014/11/15/analisa-kelebihan-kekurangan-jurnal/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar