Keuangan adalah mempelajari
individu, bisnis, dan organisasi meningkatkan, mengalokasi, dan menggunakan
sumber daya meter sejalan dengan waktu, dan juga menghitung resiko dalam
menjalankan proyek mereka.
Contoh penerapan AI dalam bidang
keuangan antara lain yaitu ATM (Anjungan Tunai Mandiri). ATM masuk kedalam
sistem cerdas karena terdapat sistem pakar didalam mesin tersebut.
ATM menurut Ellen
Florian (2004) adalah
”alat telekomunikasi berbasis komputer yang menyediakan
tempat bagi nasabah dalam melakukan transaksi keuangan tanpa membutuhkan
seorang teller bank.”
Manfaat ATM yaitu :
- Melakukan pelayanan sendiri
- Dapat melakukan transaksi perbankan tunai maupun non tunai tanpa harus mendatangi kantor cabang yang dituju
- Dapat melakukan transaksi perbankan tanpa dibatasi waktu dan tempat, karena layanan ATM on-line selama 24 jam
- Tidak perlu menyimpan uang kas terlalu banyak Sedangkan manfaat bagi pihak bank sendiri adalah:
- Kemampuan menarik nasabah baru yang lebih banyak untuk menabung dan meningkatkan pendapatan
- Mendorong nasabah agar lebih aktif menggunakan jasa perbankan
- Mengurangi antrian nasabah di kantor cabang
- Mampu membuka peluang munculnya produk dan jasa baru
- Sebagai media promosi
- Mengoptimalkan jaringan komunikasi yang ada
Adapun Flowchart pada ATM seperti berikut :
Daftar
Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar