Kecerdasan Buatan atau kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu
sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atauIntelegensi Artifisial didefinisikan
sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya
dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin
(komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang
menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer(games), logika fuzzy, jaringan
syaraf tiruan dan robotika.
Banyak hal yang kelihatannya
sulit untuk kecerdasan manusia, tetapi untuk Informatika relatif tidak bermasalah. Seperti contoh: mentransformasikan persamaan, menyelesaikan persamaan integral, membuat permainan catur atau Backgammon. Di sisi lain, hal yang bagi manusia kelihatannya menuntut sedikit kecerdasan, sampai sekarang masih sulit untuk direalisasikan dalam Informatika. Seperti contoh: Pengenalan Obyek/Muka, bermain sepak bola.
sulit untuk kecerdasan manusia, tetapi untuk Informatika relatif tidak bermasalah. Seperti contoh: mentransformasikan persamaan, menyelesaikan persamaan integral, membuat permainan catur atau Backgammon. Di sisi lain, hal yang bagi manusia kelihatannya menuntut sedikit kecerdasan, sampai sekarang masih sulit untuk direalisasikan dalam Informatika. Seperti contoh: Pengenalan Obyek/Muka, bermain sepak bola.
Walaupun AI memiliki konotasi fiksi ilmiah yang kuat, AI
membentuk cabang yang sangat penting pada ilmu komputer, berhubungan dengan
perilaku, pembelajaran dan adaptasi yang cerdas dalam sebuah mesin. Penelitian
dalam AI menyangkut pembuatan mesin untuk mengotomatisasikan tugas-tugas yang
membutuhkan perilaku cerdas. Termasuk contohnya adalah pengendalian,
perencanaan dan penjadwalan, kemampuan untuk menjawab diagnosa dan pertanyaan
pelanggan, serta pengenalan tulisan tangan, suara dan wajah. Hal-hal seperti
itu telah menjadi disiplin ilmu tersendiri, yang memusatkan perhatian pada
penyediaan solusi masalah kehidupan yang nyata. Sistem AI sekarang ini sering
digunakan dalam bidang ekonomi, obat-obatan, teknik dan militer, seperti yang
telah dibangun dalam beberapa aplikasi perangkat lunak komputer rumah dan video
game.
AI dalam Dunia
Bisnis
AI digunakan dalam berbagai cara
untuk memperbaiki pendukung keputusan yg disediakan bagi manajer dan praktisi
bisnis.
Contoh aplikasi kecerdasan buatan
dalam bidang ekonomi dan bisnis yang ingin saya jabarkan di sini adalah
aplikasi akuntansi yang bernama Krishang General Ledger versi 4.0. Krishand GL
4.0 merupakan software akuntansi versi terbaru keluaran dari Krishand Software
yang merupakan lanjutan dari versi 3.0 yang telah diminati banyak pelanggan
karena kehandalannya. Krishand GL telah dikembangkan sejak tahun 2000 dan telah
digunakan oleh 400-an perusahaan hingga saat ini. Didukung dengan Team Support
dan Team Pengembang Software yang selalu ingin memberikan yang terbaik bagi
pelanggannya. Sesuai dengan standar mutu Krishand Software yaitu merancang
sebuah sistem aplikasi yang sederhana, handal dan mudah dioperasikan. Krishand
GL 4.0 juga dirancang agar mudah dipelajari dan dioperasikan namun lengkap
dengan fitur-fitur yang mampu memudahkan pekerjaan Anda dengan harga
kompetitif. Contoh lain penerapan AI dalam dunia bisnis yakni :
1. Bidang
Komputer dan Sains
Beberapa daftar aplikasi yang
sebelumnya dikembangkan oleh para
peneliti kecerdasan buatan adalah GUI (Graphical User Interface),
Kalkulasi koordinat mouse pada layar monitor, manajemen penyimpanan otomatis,
pemrograman dinamis serta pemrograman
orientasi objek.
2.Finansial
Pada bidang finansial, penggunaan
kecerdasan buatan ditujukan pada pengorganisasian operasi, investasi saham, dan
memanajemen properti. Sebuah sistem yang memiliki kecerdasan buatan dapat
mengkalkulasi inflasi maupun deflasi yang akan terjadi di masa depan serta
dapat mengkalkulasi probabilitas naik turunnya harga saham sehingga dapat
digunakan untuk menentukan investasi secara detail.
3. Kesehatan
Pada bidang kesehatan, sistem
kecerdasan buatan telah digunakan, slah satunya adalah algoritma genetika yang
memungkinkan simulasi proses evolusi dan rekayasa genetika diuji coba tanpa
memerlukan “korban” makhluk hidup. Algoritma ini juga dapat digunakan untuk
pencocokan DNA yang sering digunakan dan saat ini mungkin populer untuk mengidentifikasi
identitas seseorang.
Kelemahan
Kecerdasan Buatan dalam Bidang Bisnis :
a. Dengan mudah
melakukan transaksi di Internet akan memfasilitasi juga menyebabkan transaksi
yang dilarang sebagai selundupan transaksi atau transaksi narkoba.
b. Hal ini sering
terjadi adalah pembobolan sebuah lembaga atau rekening perorangan yang
mengakibatkan kerugian finansial yang besar.
c. Dengan
kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan banyak kasus
penipuan dalam perdagangan online.
d. Perlawanan
Membeli online. Untuk orang awam yang belum pernah bertransaksi secara online,
akan merasa canggung ketika mereka harus bertransaksi tanpa tatap muka atau
melihat penjual. Belum lagi rasa takut jika pembayaran tidak dikirim atau tidak
diterima. Atau barang tidak dikirim, atau bahkan barang dikirim tetapi tidak
diterima.
e. Kekekrasan dan
Gore. Kekejaman dan kesadisan juga ditampilkan dalam dunia bisnis internet.
Karena segi bisnis dan isi di internet tidak terbatas, maka para pemilik situs
menggunakan segala macam cara untuk dapat menjual situs mereka, salah satunya
dengan menunjukkan hal-hal yang tabu.
f. Carding. Karena
sifatnya yang langsung (real time), bagaimana menggunakan belanja kartu kredit
Anda adalah yang paling banyak digunakan di dunia internet. Internetpun
kebanyakan penjahat melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang
terbuka, para penjahat mampu mendeteksi keberadaan transaksi (menggunakan kartu
kredit) secara online dan mencatat kode kartu yang digunakan. Selanjutnya
mereka menggunakan daptkan data mereka untuk melakukan kejahatan.
Keuntugan
Kecerdasan Buatan dalam Bidang Bisnis :
a.
Kecerdasan buatan lebih bersifat permanen.
Kecerdasan alami akan cepat mengalami perubahan. Hal ini dimungkinkan karena
sifat manusia yang pelupa. Kecerdasan buatan tidak akan berubah sepanjang sistem
komputer dan program tidak mengubahnya.
b.
Kecerdasan buatan lebih mudah diduplikasi
dan disebarkan. Mentransfer pengetahuan manusia dari satu orang ke orang lain
butuh proses dan waktu lama. Disamping itu suatu keahlian tidak akan pernah
bisa diduplikasi secara lengkap. Sedangkan jika pengetahuan terletak pada suatu
sistem komputer, pengetahuan tersebuat dapat ditransfer atau disalin dengan
mudah dan cepat dari satu komputer ke komputer lain
c.
Kecerdasan buatan lebih murah dibanding
dengan kecerdasan alami. Menyediakan layanan komputer akan lebih mudah dan
lebih murah dibanding dengan harus mendatangkan seseorang untuk mengerjakan
sejumlah pekerjaan dalam jangka waktu yang sangat lama.
d.
Kecerdasan buatan bersifat konsisten. Hal
ini disebabkan karena kecerdasan busatan adalah bagian dari teknologi komputer.
Sedangkan kecerdasan alami senantiasa berubah-ubah.
e.
Kecerdasan buatan dapat didokumentasikan.
Keputusan yang dibuat komputer dapat didokumentasikan dengan mudah dengan
melacak setiap aktivitas dari sistem tersebut. Kecerdasan alami sangat sulit
untuk direproduksi.
f.
Kecerdasan buatan dapat mengerjakan
pekerjaan lebih cepat dibanding dengan kecerdasan alami
g.
Kecerdasan buatan dapat mengerjakan
pekerjaan lebih baik dibanding dengan kecerdasan alami.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar